7 Peristiwa Besar di Hari Senin


7 Peristiwa Besar di Hari Senin

Berikut tujuh peristiwa besar yang terjadi pada hari senin, dan peristiwa-peristiwa ini sangat penting diingat oleh Ummat Islam:

1. Pengangkatan Nabi Idris Ke Langit 

Nabi Idris As. bernama "Akhnukh", beliau dipanggil Idris karena selalu mengajarkan kitab Allah Swt. kepada Ummat. Nabi Idris As. Diangkat ke langit karena permintaanya untuk melihat Neraka dan Surga.

Kejadian singkatnya begini, Nabi Idris meminta kepada Malaikat supaya dicabut nyawa dan kemudian dihidupkan kembali, agar bisa beribadah setelah merasakan sakitnya dicabut nyawa.


Lalu Allah Swt. mewahyukan kepada Izra’il As. untuk segera mencabut nyawa Nabi Idris As. Maka dicabutnyalah nyawa Idris as seketika itu juga. Nabi Idris pun wafat pada saat itu juga. Namun kemudian Malaikat Maut sedih dan meminta kepada Allah Supaya Nabi Idris dihidupkan kembali.

Setelah dihidupkan kembali, kemudian Nabi Idris meminta untuk melihat Neraka, kemudian melihat syurga dan memasukinya, dan hal itu pun diizinkan Oleh Allah Swt.

2. Perjalanan Nabi Musa Ke Bukit Thursina

Nabi Musa As. Menuju dan naik ke atas Gunung Tursina (Sinai), memenuhi panggilan Allah Swt.. Beliau pun menitipkan Bani Israil ke Nabi Harun As..

Bukit Tursina adalah nama sebuah puncak gunung tertinggi, dari sederetan gugusan pegunungan yang ada di semenanjung Sinai, Mesir.

Bukit Tursina dinamakan Jabal Musa (Gunung Musa), karena di puncak gunung itulah Nabi Musa As. menerima wahyu dan berjumpa dengan Tuhannya, sebagaimana yang dikisahkan oleh Al Qur’an.

3. Turunnya Dalil Wahdaniah Allah Swt.

Yaitu Firman Allah Swt.: “Allah berfirman: "Janganlah kamu menyembah dua tuhan; Sesungguhnya dialah Tuhan yang Maha Esa, Maka hendaklah kepada-Ku saja kamu takut". (an-nahl, 51)

4. Lahir Nabi Muhammad Saw.

Peristiwa ini sangat populer dikalangan muslimin. Nabi Muhammad Saw. Lahir pada tanggal 12 Rabi’ul Awal, pada tahun Fil (tahun gajah). Dinamakan tahun gajah karena saat itu raja Habasyah ingin menghancurkan ka’bah Baitullah, namun misinya Gagal.

5. Pertemuan Pertama Jibril dengan Rasulullah Saw. 

Yaitu peristiwa turunnya wahyu pertama saat Rasulullah Berada di Goa Hira’. Rasulullah Saw.digemarkan (oleh Allah) untuk melakukan khalwat (‘uzlah). Beliau melakukan khalwat di gua Hira’ selama beberapa malam, kemudian pulang kepada keluarganya (Khadijah) untuk mengambil bekal.

Demikianlah berulang kali hingga suatu saat beliau dikejutkan dengan datangnya kebenaran di dalam gua Hira’. Pada suatu hari datanglah Malaikat lalu berkata: “Iqra’” (Bacalah).

6. Pengangkatan Amal Ummat Kepada Rasulullah Saw.

Diriwayatkan Dari Abi Hurairah Ra., sesungguhnya Nabi Saw. Bersabda: “Hidupku kebaikan bagi Kalian, Wafatku kebaikan bagi Kalian”. Ada yang bertanya: “ya Rasulullah!, kami tahu bahwa Hidup engkau merupakan kebaikan bagi kami, namun bagaimana caranya supaya wafat engkau menjadi kebaikan bagi kami?.” Rasulullah Saw. Menjawab: “Hidupku kebaikan bagi kalian selama Aku mendakwahkan kalian kepada Allah dengan Hikmah dan Mauidhah Hasanah. Dan Wafatku kebaikan bagi kalian karena Amal kalian diangkat kepadaku pada setiap senin dan kamis. Maka apa yang aku lihat daripada (amal) kebaikan, nicsaya Aku merasa bahagia. Dan apa yang aku lihat dari selain itu (keburukan), niscaya Aku meminta Ampun kepada Allah bagi kalian.”  

7. Wafat Rasulullah Saw.

Rasulullah Saw. wafat pada hari senin tanggal 13 Rabi’ul Awal di Rumah Ummul Mukminin (Saidah Aisyah Ra.). Semoga kita mampu mengamalkan al-Quran dan as-Sunnah yang beliau tinggalkan, Aminnn....

(Sumber: Kitab as-Sab’atu fi mawa’idhil bariyat, hal. 45-58) 


Buka juga :

Post a Comment

Silahkan berkomentar

Previous Post Next Post