17 Manfaat Memeluk Agama Islam dan Esensi Ajarannya yang Benar


17 Manfaat Memeluk Agama Islam dan Esensi Ajarannya yang Benar


Ajaran agama islam berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Hadist, sebagain pedoman hidup bagi manusia di muka bumi. Setiap perintah, setiap larangan memiliki makna yang sungguh luar biasa bagi keberlangsungan hidup manusia. Perintah dan larangan dari Allah memiliki dasar ilmiah yang kuat, sesuai dengan kajian hukum-hukum alam semesta ini.

Islam adalah agama yang bersa populasi di dunia. Menurut religionpopulation, Islam adalah agama terbesar pada tahun 2014 mencapai kurang lebih 22 % dari sekitar 7 Miliar penduduk dunia. Di Indonesia sendiri Islam adalah agama yang paling banyak pemeluknya, dengan angka yang sangat sangat dominan yaitu sebesar 88 % dari sekitar 204 juta jiwa penduduknya. Indonesia juga menjadi Negara yang paling banyak jumlah penduduk dunia diantara negara islam lainnya.Agama Islam di Dunia

Begitu banyak manfaat memeluk agama islam ini, sebagai pedoman hidup yang banar ini. Berikut manfaat pasti yang didapatkan jika utuh dalam menjalankan ajaran Islam Rahmatan Lil Alamin (Rahamat Bagi Alam Semesta) :


1. Melatih Berpikir Rasional

Islam bukanlah agama yang terbelakang dan bukan agama yang bodoh, justru nilai-nilai islam mengajarkan kita untuk memiliki alasan yang kuat dalam melakukan suatu hal. Ini adalah esensi dari sifat ilmiah, dimana setiap hasil dituntut untuk memiliki pertanggungjawaban yang kuat.

Dalam surat al Isra’ ayat 36 Allah berfirman:

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُو۟لٰٓئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْـُٔولًا

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.”

Allah senantiasa menyeru kepada kita untuk berpikir rasional dalam bertindak. Bekal akal pikiran yang diberikan kepada manusia memiliki potensi yang luar biasa. Dengan akal kita bisa membedakan mana yang haq dan yang bathil mana yang baik dan yang buruk. Dalam surat Yunus ayat 100 Allah berfirman:

“…dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.

Sudah jelas bahwa ajaran islam adalah agama rasional. Kita akan senantiasa terbiasa dengan berpikir rasional dalam menghadapi masalah kehidupan, karena itu perintah Allah tuhan semesta alam.

2. Memupuk Rasa Empati Sosial

3. Menumbuhkan Etos Kerja

4. Menambah Ilmu pengetahuan

5. Menyehatkan Jasmani

6. Melatih Kepedulian Terhadap Lingkungan

7. Memberi Ketenangan Jiwa

8. Memiliki Arah Hidup yang Jelas

9. Membangun Pribadi Unggul

10. Mendapat Keadilan

11. Membangun Kepribadian

12. Memupuk Rasa Saling Tolong-Menolong

13. Melatih Kesabaran

14. Terhindar dari Stress

15. Tentram Menjalani Hidup

16. Sukses Kehidupan Akhirat

17. Sumber Motivasi Terbesar

Begitu banyak manfaat Islam yang akan kita dapatkan. Karena islam bukanlah agama yang berasal dari buatan manusia melainkan adalah agama dari pencipta semesta Alam. Semoga kita bisa mendapatkan manfaat islam sepenuhnya, dan menjadi pribadi yang mendalami islam secara khafah.

Esensi Ajaran Agama Islam

Ajaran islam sendiri mengajarkan nilai-nilai yang sangat kompleks terkait hukum-hukum kehidupan manusia di dalam bermasyarakat. Aturan tentang ekonomi, politik, keluarga, budaya, kesehatan, pendidikan, Moral, Hukum, dan system-sistem kemasyarakatan yang lain termaktub jelas di dalam kandungan nilai-nilai Islam. Itu artinya islam sudah seperti sendi-sendi nilai bagi manusia dalam menjalankan kehidupannya di dalam masyarakat.

Dengan ajaran tauhidnya, islam mengajak manusia untuk mengabdi kepada Allah sebagai tuhan semesta alam, dengan menjadi manusia yang beriman, yang mengerjakan amal shaleh, mengatur hukum-hukum sosial yang baik, tidak berbuat aniaya terhadap manusia lain serta alam, sehingga selanjutnya akan di janjikan oleh Allah kehidupan yang layak di akhirat nanti dengan mendapatkan

Surga Allah yang merupakan kenikmatan terbesar yang jauh melebihi kenikmatan di dunia. Islam adalah konsepsi nilai yang lengkap untuk kehidupan bermasyarakat, bahkan ada yang menyebutkan bahwa konsepsi islam lebih dari hanya sekedar agama. Karena ada konsepsi nilai subtantif yang bisa di dapat berupa nilai-nilai keadilan dalam kehidupan bermasyarakat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share



Buka juga :

Post a Comment

Silahkan berkomentar

Previous Post Next Post